Kamis, 27 Juli 2023

PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD (9 METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SD)

 

Sumber: Google

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, memiliki 9 pengertian metode menurut para ahli dan penggunaan metode tersebut di sekolah dasar, berikut penjelasannya:

1. Metode Langsung (Direct Method)
  • Menurut A.S. Hornby, metode langsung adalah metode pengajaran bahasa Inggris yang menggunakan bahasa Inggris secara langsung dan praktis dalam proses pembelajaran, dengan menghindari penggunaan bahasa ibu.
  • Metode langsung digunakan ntuk mengajar seraya menekankan pada penggunaan bahasa inggris secara langsung dan praktis dengan fokus pada pengucapan, kosakata, tata bahasa, dan struktur bahasa tanpa melibatkan bahasa ibu atau bahasa asli siswa dalam proses pembelajaran. 
2. Metode Berlitz (Berlitz Method)
  • Menurut Jack C. Richards, metode Berlitz adalah metode pengajaran bahasa asing yang menekankan pada penggunaan bahasa secara aktif, dengan memperhatikan intonasi dan pengucapan yang tepat. 
  • Metode berlitz digunakan untuk mengajarkan bahasa asing kepada siswa dengan lancar dan percaya diri seraya mengutamakan pengalaman belajar yang intensif dan interaktif. Serta siswa sering diminta untuk berbicara dan menggunakan bahasa asing dalam situasi-situasi yang realistis.
3. Metode Alami (Natural Method)

  • Menurut Krashen dan Terrell, metode alami adalah metode yang paling efektif untuk pembelajaran bahasa, karena menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks dan memungkinkan siswa untuk merasakan bahasa secara alami dan spontan.
  • Metode alami digunakan untuk mengajar siswa dalam pendekatan yang menekankan pada pembelajaran yang tidak formal, spontan, dan terjadi secara alami dalam kehidupan sehari-hari dengan mengandalkan pengalaman langsung dan observasi alami sebagai sarana utama untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan.
4. Metode Percakapan (Conversation Method)
  • Brown (2001) menyatakan bahwa metode percakapan merupakan teknik pengajaran bahasa yang mengacu pada pembelajaran bahasa melalui aktivitasaktivitas berbicara dan mendengarkan. 
  • Metode percakapan digunakan untuk mengajar dan membimbing siswa dalam melatih kamampuan berbicara bahasa asing secara lancar dan percaya diri dengan menggunakan berbagai teknik, seperti simulasi percakapan, peran main, dan dialog interaktif.
5. Metode Phonetic (Mendengar dan Mengucapkan)
  • Menurut J.J. Gumperz (1982), metode phonetic adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam mengucapkan suatu kata atau kalimat dalam bahasa tertentu dengan benar. 
  • Metode Phonetic digunakan untuk mengajar bahasa asing dengan menekankan pelafalan kata-kata dan suara-suaranya terutama untuk mengajar bahasa Inggris, karena bahasa Inggris memiliki banyak peraturan pelafalan yang rumit dan banyak katakata yang diucapkan secara berbeda dari penulisannya.
6. Metode Practice-Theory
  • Menurut Pierre Bourdieu, metode practice theory merupakan sebuah pendekatan teoritis yang mengkaji praktik-praktik sosial dalam konteks praktek sehari-hari dalam masyarakat. Metode ini memperhatikan bagaimana kebiasaan dan praktik sosial terbentuk dan dipertahankan oleh orang-orang dalam masyarakat. 
  • Metode practice-theory digunakan untuk mengajar dan membantu siswa memahami bagaimana bahasa yang digunakan dalam situasi sosial dan budaya berbeda dengan menekankan pentingnya konteks dan situasi dalam penggunaan bahasa yang dapat membantu siswa menghindari kesalahan atau penggunaan yang tidak tepat dalam situasi tertentu. 
7. Metode Membaca (Reading Method)
  • Menurut Kenneth Goodman mengemukakan bahwa metode membaca adalah proses mental yang melibatkan interaksi antara pengetahuan, strategi, dan tujuan pembaca dalam mengkonstruksi makna dari teks yang dibaca.
  • Metode membaca digunakan untuk mengajar siswa pada bahasa asing dengan melakukan pengembangan kemampuan membaca siswa dalam bahasa asing agar siswa dapat mengasah kemampuan kosakata dan tata bahasa siswa. 
8. Metode Bicara Lisan
  • Menurut Sofwan (2015), metode bicara lisan adalah suatu teknik atau cara dalam melatih keterampilan berbicara dan mendengar secara lisan dengan cara berlatih secara langsung. 
  • Metode bicara lisan digunakan untuk mengajar siswa pada bahasa asing dengan melakukan pengembangan keterampilan berbicara dan mendengar termasuk pengucapan yang tepat, intonasi, dan kecepatan berbicara dalam bahasa yang dipelajari, yaitu bahasa asing atau bahasa inggris.
9. Metode Praktek Pola-Pola Kalimat (Pattern-Practice Method)
  • Menurut Nunan (1991), metode praktek pola-pola kalimat adalah teknik pembelajaran bahasa yang berfokus pada penggunaan pola-pola kalimat yang umum dalam bahasa target, sehingga siswa dapat memahami dan menggunakannya secara efektif dalam situasi komunikatif. 
  • Metode praktek pola-pola kalimat digunakan untuk mengajar bahasa yang sering digunakan untuk mengajar kosakata dan tata bahasa dengan memfokuskan pada polapola kalimat dan struktur gramatikal yang sering digunakan dalam bahasa asing, seperti bahasa Inggris.

Referensi:
a. M. Yamin. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 1, No. 5, hal. 82-97. Diakses 10 Maret 2023. https://www.academia.edu/35142387/METODE_PEMBELAJARAN_BAHASA_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERBEDAAN TEORI PIAGET, BRUNER, DAN VYGOTSKY

Berikut perbedaan teori piaget, bruner, dan vygotsky dalam mata kuliah pembelajaran ipa sd.   https://www.canva.com/design/DAFxr3U_I4o/jY4Ta...